Cara Mengurus Sendiri Visa UK (Inggris) di Surabaya

Bulan Oktober 2016 lalu, saya berkesempatan untuk mengunjungi Inggris. Kota yang saya kunjungi adalah London, Liverpool, dan Edinburgh, Scotland.

Big Ben (kanan) dan 'sedikit' London Eye (kiri)
Sebelum berangkat, tentunya persiapan yang paling penting adalah pengurusan visa UK (yang kata orang-orang cukup ribet dan susah pengurusannya). Karena kebetulan saya ada waktu dan ingin belajar mengurus visa UK, maka saya cari-cari informasi dan mengurus visa UK saya dan Mama sendiri.

Langkah pertama adalah mencari informasi mengenai persyaratan visa UK. Setelah mengumpulkan informasi dari web UK Visa and Immigration dan juga baca blog, maka dokumen-dokumen yang saya siapkan adalah:
1. Paspor dengan masa berlaku minimal 8 bulan (apabila sebelumnya sudah mempunyai paspor, sertakan paspor lama juga)
2. Foto ukuran paspor (ukuran 3,5cm x 4,5cm, latar belakang putih, close up wajah dan bahu atas). Info peraturan foto untuk visa UK dapat dibaca disini
How your head should appear in passport photos - described in text above
Sumber: https://www.gov.uk/photos-for-passports/photo-requirements

3. KTP, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, Surat Ganti Nama (apabila ada), Akte Pernikahan (apabila sudah menikah) diterjemahkan oleh penerjemah tersumpahMasing-masing dokumen terjemahan harus berisi:

  • konfirmasi dari penerjemah bahwa dokumen tersebut adalah terjemahan akurat dari dokumen asli;
  • tanggal penerjemahan
  • nama lengkap penerjemah dan tanda tangan; dan
  • detail kontak penerjemah.
4. Surat keterangan pelajar dari Universitas dalam bahasa Inggris (untuk yang masih pelajar) atau surat keterangan bekerja dari Kantor dalam bahasa Inggris (untuk yang sudah bekerja)

5. Bukti keuangan/rekening dari Bank selama 3 bulan terahkir dan surat referensi dari Bank (dalam bahasa Inggris)

6. Bukti booking tiket pesawat pulang-pergi, bukti booking hotel dan jadwal perjalanan. (sebenarnya dokumen ini tidak diharuskan namun tetap saya siapkan dan serahkan juga). Untuk booking hotel bisa menggunakan situs booking.com dan pesan kamar yang free cancelation sehingga apabila ada perubahan jadwal perjalanan, setelah visa keluar bisa di cancel dan booking hotel lainnya.

7. Apabila perjalanan disponsori keuangannya oleh orang tua (seperti saya), maka sertakan juga surat sponsor dari orang tua dalam bahasa Inggris yang menyatakan bahwa semua biaya perjalanan ditanggung oleh orang tua.

8. Apabila di Inggris akan menghadiri acara seminar atau undangan lainnya, sertakan pula bukti registrasi akan menghadiri acara atau undangan acara tersebut.


Dokumen yang saya siapkan ini untuk saya (status: pelajar di Indonesia) dan Mama (status: bekerja di Indonesia dan akan menghadiri seminar di Inggris). Kami mengajukan Standard Visitor visa (visa turis) dan tidak mengunjungi teman/keluarga di Inggris. Informasi tentang dokumen yang harus disiapkan selengkapnya bisa dilihat disini

Jika mengunjungi teman/keluarga di Inggris, Anda dapat menyediakan dokumen berikut:
  • Surat dukungan dari teman atau sponsor Anda di Inggris
  • Bukti status keimigrasian mereka di Inggris, yang bisa berupa salinan dari:
  • halaman biodata dari paspor mereka
  • visa atau cap imigrasi yang sah dari paspor mereka
  • surat dari Home Office yang mengonfirmasikan izin tinggal di Inggris.
Penting: Untuk setiap dokumen yang Anda sediakan, Anda harus menyertakan dokumen asli dan sebuah fotokopi. Semua dokumen yang tidak dalam bahasa Inggris harus diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah.

Setelah menyiapkan dokumen-dokumen tersebut, saya membuat akun di Visa4UK. Akun ini digunakan untuk mengajukan aplikasi visa UK secara online. Setelah registrasi akun dan log in akun, pilih Apply for Myself apabila mendaftar untuk diri sendiri atau Apply for Someone Else apabila mendaftarkan untuk orang lain. Setelah itu ikuti tahap-tahap pengisian aplikasinya, waktu yang dibutuhkan kira-kira 1 sampai 2 jam. Untuk pendoman pengisian aplikasi online ini, bisa cek blog backpackstory yang saya rasa sangat berguna :)

Langkah berikutnya adalah pembuatan janji pertemuan dengan pusat permohonan visa UK yaitu VFS Global yang merupakan agen pengurusan visa yang bekerja sama dengan pihak kedutaan Inggris. Lokasi VFS ini terdapat di Jakarta, Bali dan Surabaya, karena lokasi saya di Malang maka kantor VFS yang paling dekat adalah kantor VFS Surabaya yang terletak di Gedung Graha Pena lantai 15. Saat saya membuat janji pertemuan (September 2016) untuk kantor VFS Surabaya, hari yang tersedia untuk pengajuan visa ini hanyalah hari Selasa dan Kamis saja.


Kantor VFS Surabaya di Gedung Graha Pena lantai 15

Setelah menentukan tanggal dan jam pertemuan, tahap berikutnya adalah membayar biaya aplikasi. Apabila memilih lokasi pertemuan di Bali atau Surabaya, maka ada biaya tambahan sebesar £55. Waktu saya membayar (14 September 2016), total biayanya adalah $193 atau sekitar Rp 2.600.000 untuk satu orang. Pembayaran dapat dilakukan menggunakan kartu kredit. Setelah pembayaran dilakukan maka akan mendapat email konfirmasi yang HARUS DI PRINT untuk ditunjukan saat kedatangan nanti. Setelah itu kembali ke akun anda di website Visa4UK dan pilih 'Print Application' untuk mencetak aplikasi permohonan visa tersebut. Satukan semua dokumen persyaratan visa (asli dan fotokopi), aplikasi permohonan yang sudah dicetak, dan email konfirmasi perjanjian aplikasi visa.


Pada hari pertemuan yang telah dipilih, datanglah 15-30 menit sebelum waktu perjanjian menggunakan baju yang sopan karena nanti juga akan difoto untuk keperluan visa. Setelah sampai di kantor VFS, nanti akan ditemui oleh satpam yang mengecek bahwa anda sudah membuat janji pada hari dan jam tersebut. Lalu diberi kertas untuk mengecek dokumen apa saja yang sudah dibawa.



Setelah itu nanti akan dipanggil untuk masuk kedalam dan dilakukan pengecekan dokumen. Tahap berikutnya adalah masuk ke ruangan untuk pengambilan foto dan sidik jari. Dokumen-dokumen akan dimasukan ke amplop dan disegel lalu saya diminta untuk memasukan sendiri dokumen itu ke suatu kotak.

Untuk proses pengajuan visa ini memerlukan waktu sekitar 15 hari kerja atau 3 minggu, lalu paspor saya dikirimkan kembali langsung ke alamat rumah. Jadi tidak perlu kembali ke kantor VFS Surabaya lagi untuk pengambilan paspor, mungkin biaya ekstra yang dibayarkan untuk pengurusan di Surabaya ini untuk biaya pengiriman, jadi lumayan juga karena lebih praktis :D Dengar-dengar juga ada layanan kilat / prioritas yang memungkinkan pengurusan visa hanya dalam waktu 3 hari saja yang tentunya dengan tambahan biaya lagi.

Setelah tepat menunggu selama 3 minggu / 15 hari kerja, ahkirnya paspor beserta visa didalamnya tiba dirumah :))






Komentar

  1. Halo,makasih postingannya. Mau nanya utk biaya 2.6 juta itu apa sudah termasuk travel insurance ya? Makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, maaf baru balas. Biaya 2,6juta itu hanya untuk biaya pengurusan visa saja, belum termasuk biaya travel insurance :) Untuk travel insurance, saya pakai Allianz sekitar 300rb

      Hapus
    2. Travel insurance nya beli dmn?

      Hapus
  2. hai monica, jadi total keseluruhan iyu 2.6 juta ya? aku agak mepet mau urus, tapi cuman urus visa transit aja dan kurang dari 12 jam.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, untuk biaya pengurusan visa turis UK dari VFS Surabaya betul 2,6jt totalnya (tidak termasuk pengeluaran pribadi untuk translate dokumen, asuransi perjalanan dll ya). Kalau untuk visa transit sepertinya berbeda ya. Saya baru baca-baca dan menemukan kalau ada 2 jenis visa transit: yang pertama adalah Direct Airside Transit visa (DATV) yaitu visa transit kalau anda tidak perlu melewati UK border check alias imigrasi saat transit (tiket langsung nyambung ke negara tujuan dan tidak perlu ambil bagasi dulu) yang kedua adalah Visitor in Transit visa yaitu visa kalau anda PERLU melewati UK border check (harus ambil bagasi lagi terus check in lagi ke next flight) dan hanya di UK selama maksimal 48 jam. Dan visa transit ini harganya beda dengan tourist visa. Kalau yg DATV harganya 44 USD dan Visitor in Transit Visa harganya 81 USD. Informasi ini berasal dari info yang saya baca di website gov.uk. Untuk lebih lengkapnya saran saya bisa konsultasi ke travel agent yang lebih berpengalaman ya. Berikut saya sertakan link tentang transit visa dari web resminya https://www.gov.uk/transit-visa/overview . Semoga lancar pengurusan visa dan perjalanannya :)

      Hapus
  3. Maaf mbak saya ke belanda mau liburan 3 bln. Tpi visa tourist. Trus apa klo sya visa tourist kan syarat nya msti ada booking hotel. Apakah hrs 3 bln juga booking hotel nya? Apa bisa Di booking.com booking hotel 3 bln (hnya syarat doank/formalitas).

    BalasHapus
  4. Maaf agent mana yg bsa bantu pembuatan visa. Trims

    BalasHapus
  5. Maaf agent mana yg bsa bantu pembuatan visa. Trims

    BalasHapus
  6. Hai kak.
    Maaf mau nanyak. Aku mengajukan visa dependent suamiku yang kuliah S3 disana.
    Aku sudah ajukan yg jalur prioritas supaya cepat tapi sampai sekarang belum sampai. Suamiku sudah telepon kedutaan di Inggris yang bilang kalau visa sudah selesai per 15 hari kerja dan 'seharusnya' sudah dikirim per Jumat tgl 25 Agustus lalu tapi sampai sekarang belum sampai.
    Biasanya pengiriman visa itu menggunakan jasa kurir apakah kak?
    Mohon infonya karena saya juga tidak bisa tracking proses pengirimannya itu sendiri.
    Terima kasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo maaf baru balas kak,
      Wah maaf sekali saya lupa kak pengirimannya menggunakan jasa kurir apa karena saya perginya sudah tahun lalu. Tapi seingat saya datangnya tepat waktu kak.
      Mungkin bisa ditanyakan ke pihak VFS di Indonesia ya kak.
      Semoga segera sampai visanya :)

      Hapus
    2. Hallo mba adadiba... kayak nya kita mengalami nasib yg sama yaitu delay di pengiriman balik passport.
      Aku pake jasa priority (3-5 hari kerja)
      Dan hari kamis jumat tgl 13oct dapat email dari ARAMEX (jasa courier)
      Memberitahukan klo document saya(passport) telah di kirim ke alamat saya pada hri itu juga.
      Tapi sampai hari ini
      Rabu 18oct belum ada sampai sma sekali
      Udah 4 hari loh dengan menggunakan express service... sya jdi was was 😢
      Ada no ref dri aramex tpi ga bisa liat track nya secara detail,ga ada udah sampai mana ato ETA nya
      Dan tidak bisa juga di hubungi.
      Mba adadiba knaren jasa pengiriman nya pake apa dan apakah passport nya sampai dengan aman ke rumah mba??

      Hapus
    3. Hallo mba adadiba... kayak nya kita mengalami nasib yg sama yaitu delay di pengiriman balik passport.
      Aku pake jasa priority (3-5 hari kerja)
      Dan hari kamis jumat tgl 13oct dapat email dari ARAMEX (jasa courier)
      Memberitahukan klo document saya(passport) telah di kirim ke alamat saya pada hri itu juga.
      Tapi sampai hari ini
      Rabu 18oct belum ada sampai sma sekali
      Udah 4 hari loh dengan menggunakan express service... sya jdi was was 😢
      Ada no ref dri aramex tpi ga bisa liat track nya secara detail,ga ada udah sampai mana ato ETA nya
      Dan tidak bisa juga di hubungi.
      Mba adadiba knaren jasa pengiriman nya pake apa dan apakah passport nya sampai dengan aman ke rumah mba??

      Hapus
    4. Halo semuanya...
      Syukur alhamdulillah visa saya sudah jadi dalam waktu tepat 25 hari. Saya juga sudah ajukan priorty waktu itu dengan membayar biaya tambahan di VFS.
      Ternyata hal ini juga dialami oleh beberapa orang yang juga kesulitan utk visanya granted.
      Kebetulan dari VFS surabaya tidak memberi info tentang kurirnya siapa.
      Jadi ceritanya dulu di VFS Surabaya setiap visa UK datang maka diambil ke kantor, tetapi sekarang berubah semuanya akan dikirim ke alamat yang didaftarkan. jadi kurirnya siapa itu kan urusan pihak VFS nya.
      Menghubungi pihak VFS tidak memberikan solusi apapun teman-teman. Karena mereka hanya bilang menunggu. Pun juga ketika menghubungi pihak visa di UK.
      Jadi memang saat itu saya hanya menunggu dan berdoa.
      Dan syukur visanya sampai dengan selamat.

      Cuman akhirnya saya belajar saja, bahwa :
      1. Kalau visanya utk jangka waktu lebih dari 6 bulan kunjungan, pihak reviewer butuh waktu lebih lama. Jadi prioritas tidak membantu sama sekali. Saya mengajukan utk tinggal 4 tahun di UK
      2. Kurir memang tidak bisa dilacak. Tetapi ketika sudah ada email kalau dokumen dikirim berarti itu memang sedang dlm perjalanan dikirim. Usahakan ada orang di rumah selama 24 jam. Karena visa suami saya juga sampai sekitar jam 10 malam di rumahnya di daerah cukup pelosok. Dan visa saya sampai juga pas sekitar pukul 10 atau 11 malam waktu Surabaya.
      3. Dari bulan Juli 2017 sampai sekarang sepertinya memang sedang peak season atau entah kenapa dan bagaimana yg pasti cukup sulit utk dpt visa UK keluar. Teman saya ada yg sampai 2.5 bulan baru keluar, ada yang baru 3 bulan keluar.

      Itu yang bisa saya sharingkan. Good luck :)
      Semoga bisa segera granted

      Hapus
    5. Halo mbak Adadiba

      Saya ingin tanya, apakah saat menerima kurir, kita harus memperlihatkan bukti pembayaran (struk kecil) yang diberikan VFS kepada kurirnya?

      Hapus
  7. Halo mb menarik sekali isi blog nya.. Oiya mau tanya soal visa transit ke uk.sy msh bingung nih mb.krn sy pesan tiketnya yg multiflight.kepulangan kul-rovaniemi-paris-surabaya.menggunakan brithisair. Nah dari paris ternyata transit di lhr nya sampai 22jam.nah kalau dengan tiket yg saya maksudkan td. Itu termasuk yg DATV atau visitor transit visa ya mb???trus syarat untuk visa uk transit apa sj? Apakah seribet seribet spt apply visa biasa.(rek koran, kk akte dll hrs di translete n asuransi) juga??? Mohon balasannya ya mb... Trmks

    BalasHapus
  8. Apakah punya nomer telp Embassy Inggris

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Visa Schengen (Belanda) di Surabaya

Tips Travelling ke Eropa